Bagai Debu yang Berhamburan

Bagai Debu yang Berhamburan Kami, bagai debu. Melayang bersama - sama debu lainnya. Satu suara, satu tujuan. Dimana arah angin terbang, kami mengikuti. Kami, bagai debu. Mengotori dunia dan merusak lingkungan. Memperkeruh air yang bening. Dan membuat sesak makhluk hidup. Kami, bagai debu. Tipis, tak terlihat dalam penglihatan. Tak menghargai adanya kami. Padahal kita selalu bersama debu lainnya. Kami, bagai debu. Ketika sang penguasa merajai. Tak memandang hal sekecil kami. Malah menghancurkan, bagai debu yang berhamburan.

Cara merawat laptop yang baru beli dengan baik dan benar agar awet 2019


Cara merawat laptop yang baru beli dengan baik dan benar agar awet 2019


1.       Gunakan software atau aplikasi yang benar


Banyak situs yang menawarkan software secara gratis dan tentu tidak mempunyai lisensi rfesmi dari situs yang bersangkutan. Hal ini membuat kerugian yang besar, sehingga perusahaan resmi kalah terhadap situs yang bajakan. Unduh aplikasi yang disediakan oleh pihak yang resmi. 

Jangan mengunduh aplikasi yang bajakan untuk mengurangi risiko rusaknya sistem pada laptop. Selain itu pasang antivirus yang berfungsi untuk mengamankan laptop dari serangan virus atau malware yang berasal dari internal (laptop itu sendiri) atau eksternal (flashdisk atau internet).

2.       Selalu bersihkan laptop


Penempatan laptop yang tidak tepat merupakan masalah dalam perawatan laptop selanjutnya. Karena kurangnya perhatian terhadap laptop membuat laptop cepet rusak. Jika laptop ditaruh di sembarang tempat memungkinkan laptop terkena debu yang tak kasat mata. 

Sehingga dapat mrusak misalnya keyboard atau layar. Bersihkan laptop secara rutin agar terhindar dari debu yang dapat merusak laptop. Lap dengan sedikit air gosok sekiranya yang bisa untuk dibersihkan. Jangan taruh di tempat yang rawan debu. Taruh diatas meja yang kalian bisa melihatnya agar ingat untuk dibersihkan.

3.       Selalu di matikan


Dalam penggunaannya laptop mudah sekali mesinnya panas. Apalagi anda yang sering menggunakannya selama berjam – jam dan terus menerus setiap hari. Kurangi hal tersebut, beri waktu istirahat 30 menit – 1 jam. Setelah itu gunakan kembali. 

Usai kalian menggunakan laptop, sebaiknya laptop dimatikan dengan tombol shut down agar laptop tidak panas dan beristirahat. Jangan nyalakan laptop diatas benda yang lunak seperti kasur, atau tumpukkan kain. Hal ini dapat membuat mesin laptop  mudah panas, yang nanti bisa merusak hardware dari laptop.


4.       Update sistem BIOS


Setiap tahunnya atau setiap masa nya update sistem sangat penting untuk laptop itu sendiri. Bukan hanya laptop, handphone demikian. Dengan memperbaharui sistem tersebut diharapan memberikan kenyamanan dalam penggunaan dengan adanya fitur yang baru serta tampilang yang memukau. 

Update sisetm BIOS untuk memperbaharui fitur serta performa dari laptop anda. Bisa dengan online yang terhubung dengan koneksi internet yang stabil atau dengan mengunjungi toko elektronik yang terpercaya. Kondisikan dengan update yang terbaru.

5.       Sesuai kan aplikasi dengan kemampuan laptop anda


Banyak orang yang ingin menggunakan aplikasi yang menggunakan data yang cukup besar tanpa tahu kemampuan dari laptop yang ia miliki. Tentu ini sangat penting, dimana laptop sudah memiliki kemampuan yang terbatas.'

 Jika hal ini dipaksakan maka laptop akan mengalami hang atau ngelag. Kondisi tersebut merupakan terbatasnya kemampuan laptop yang masih kurang untuk menjalankan aplikasi tersebut. Hal ini membuat sistem jadi kabur. 

Selain itu mesin terus berjalan, sehingga membuat laptop menjadi cepat panas. Jadi sebelum membeli laptop anda bisa melihat kemampuan laptop yang ingin anda gunakan agar sesuai dengan aplikasi yang anda inginkan pula.

6.       Gunakan tas laptop untuk membawa laptop


Untuk membawa laptop dari tempat yang cukup jauh sediakan tas laptop yang sesuai denga ukuran. Pilih tas yang mudah dibawa. Seperti tas gendong atau tas samping. Hindari dari benturan keras yang terjadi pada laptop. 

Serta berikan celah pada resleting sehingga terdapat ruang untuk sirkulasi undara. Hindari dari panas matahari yang langsung, yang nanti berdampak pada layar atau laptop yang panas dan rusak.

Comments

Popular Post

Proses

Bagai Debu yang Berhamburan

Sampaikan suratku untuk wanita yang kudamba